Back to Question Center
0

Nasib Artikel Stub Di Wiki - Jawaban Semalt

1 answers:

Wikipedia adalah repositori paling penting yang menawarkan akses gratis ke informasi berkualitas tinggi dari semua jenis kepada pengguna dari seluruh dunia. Wiki mencakup berbagai topik akademis dan ideologi politik. Baru-baru ini, editor Wiki dan sukarelawan mengalami keributan yang signifikan terkait penghapusan artikel berdurasi tiga baris di situs Wikipedia.

Julia Vashneva, Manajer Keberhasilan Pelanggan Semalt , mengatakan bahwa sebuah artikel tentang protein darah "Hemovanadin" telah menjadi topik diskusi setelah beberapa editor memulai sebuah gerakan yang menganjurkan penghapusan artikel di Wikipedia. Menurut Andrea James, artikel tersebut bagaimanapun telah dipulihkan di situs web - negative things about biomass energy. "Hemovanadin" adalah artikel ilmiah sumber daya yang sangat penting bagi ilmuwan dan siswa.

Andrea James menyiratkan bahwa artikel "Hemovanadin" menghadapi versi ekstrim Wiki yang disebut sebagai "deletionisme." Menghilangkan informasi berharga dari Wikipedia merupakan ancaman signifikan bagi sektor pendidikan yang menggunakan Wiki sebagai sumber referensi utama mereka. Selama lebih dari 14 tahun, Wikipedia telah menyediakan sumber informasi yang baik kepada pelanggan yang mengunjungi situs ini setiap hari untuk memperoleh pengetahuan.

Memahami bagaimana Wikipedia bekerja

Deletionisme adalah ideologi yang rumit yang hanya bisa dipahami dengan memiliki dan mengikuti kerangka kerja bagaimana Wiki bekerja. Wikipedia dijalankan oleh sebuah komunitas yang terdiri dari sukarelawan dan editor yang menetapkan kebijakan dan pedoman yang mengatur penggunaan Wikipedia. Editor menghasilkan dan mengedit artikel ilmiah yang ada di Wiki.

Untuk disertakan di Wikipedia, ideologi harus memenuhi standar dan peraturan yang ditetapkan. Namun, kriteria bervariasi tergantung pada topik. Misalnya, di bidang akademisi, standar ketenaran terlihat jelas. Di sektor lain, pengeditan dan penghapusan artikel bervariasi tergantung pada persepsi editor, yang merupakan kasus dengan artikel "Hemovanadin".

Wikipedia dijalankan atas dasar bahwa sukarelawan memahami kebijakan dan pedomannya. Namun, sukarelawan yang berbeda menafsirkan kebijakan secara berbeda, sebuah skenario kasus yang mengarah pada penghapusan. Editor berkomitmen dan berdedikasi untuk bekerja demi kesejahteraan situs ini. Namun, manusia membuat kesalahan, begitu pula Wikipedian.

Hemovanadin adalah contoh artikel yang disertakan di Wikipedia hanya untuk dikembangkan dan diedit nanti. Namun, standar ketetapan harus ditetapkan untuk membatasi upload item ilmiah yang gagal memenuhi standar. Menghapus materi yang tersusun jauh lebih nyaman dibandingkan dengan membuat artikel baru. Menghapus artikel rintisan yang dibuat oleh editor baru bisa sedikit membuat frustrasi, terutama saat terjadi deletionisme dan editor tidak mengerti mengapa artikel mereka dihapus dari Wiki.

Sejumlah artikel rintisan yang bagus bergantung pada kontribusi mikro. Membuat terlalu banyak pengeditan ke bagian tertentu mengubah konteks asli teks. Saat ini, editor telah memberikan kontribusi mengingat bahwa hanya karena sebuah artikel memiliki sumber yang dapat diverifikasi, namun tidak memenuhi standar ketenaran secara otomatis. Berikut adalah tips bagaimana artikel rintisan dapat diedit untuk menghindari penghapusan.

  • Menyortir artikel rintisan tergantung topik
  • Memperbaiki dan menandai tulisan rintisan untuk ekspansi
  • Pengenalan warna yang berbeda untuk menandai tautan yang mengarah ke artikel rintisan

Secara teoritis, menambahkan informasi bermanfaat untuk artikel rintisan jauh lebih baik daripada menghapus keseluruhan artikel dari Wiki. Gaya sebuah artikel juga penting. Artikel penting yang tidak sesuai dengan gaya artikel ensiklopedi beresiko menghadapi penghilangan.

November 29, 2017